Jawa Timur telah memiliki calon sumber benih jenis Manglid di Kabupaten Trenggalek.

📰 Apasih Manglid itu?
Manglid (Manglietia glauca) merupakan salah satu jenis tanaman hutan yang kayunya memiliki berbagai manfaat sebagai kayu pertukangan atau aspek konstruksi bangunan karena memiliki kualitas yang baik.

Pembangunan calon sumber benih kelas Kebun Benih Semai (KBS) untuk jenis kayu pertukangan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur seluas 10 hektar. Ada 4 jenis tanaman yaitu Manglid, Warugunung, Gmelina, Mahoni) masing-masing 2.5 hektar.

KBS dibangun pada tahun 2015 oleh Dinas Kehutanan Trenggalek (sebelum bergabung dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur) dan peneliti dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

Namun saat ini UPT Perbenihan Tanaman Hutan bekerjasama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta bersama Dinas Pertanian Kabupaten Trenggalek akan mengelola sumber benih untuk kedepannya, pasca peralihan kewenangan urusan perhutanan dari Kabupaten ke Provinsi. 

Pembangunan Calon Sumber Benih kelas KBS. Jenis: Manglid

2 gagasan untuk “Pembangunan Calon Sumber Benih kelas KBS. Jenis: Manglid

  • 28/08/2023 pukul 11:19
    Permalink

    What is the progress update on establishing candidate seed sources within the KBS category, specifically for the Manglid variety?

    Balas
    • 14/03/2024 pukul 14:52
      Permalink

      Hello Seed Buddy, we are running to build Manglid Seed Source in Trenggalek. Be patient buddy. For KBS category, soon we can provide Falcataria moluccana (Sengon) seed from our own seed source. Sustainable Regards. Thanks

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat WA Pelayanan