“Apa sih pentingnya benih dan bibit unggul itu ? apa bedanya benih dan bibit yang kita ambil dari alam dengan benih unggul ? sama aja ko, malah lebih banyak yang hidup asalan dari pada yang beli bersertifikat” Ucap masyarakat.

 Disini kami akan mejelaskan pentingnya benih dan bibit itu sendiri dari banyaknya pertanyaan yang sering diterima dari UPT Perbenihan Tanaman Hutan. Pertama kami akan menjelaskan tentang benih unggul/bermutu terlebih dahulu, dimana benih unggul merupakan benih yang memiliki salah satu keunggulan dari varietas sejenis misalnya memiliki keunggulan tahan terhadap hama penyakit atau lebih cepat tumbuh (Fast Growing).

Benih asalan sering sekali didengar oleh masyarakat awam dimana benih tersebut memiliki arti benih yang tidak jelas asal usulnya, biasanya identik dengan tidak ada label dan sertifikat pada kemasannya jika benih tersebut akan dijual atau di edarkan. Ini yang membuat kekhawatiran masyarakat karna benih asalan dan unggul biasanya tidak terlalu terlihat jelas perbedaannya sehingga masyarakat sulit membedakan, karnanya dengan pemasangan label dan sertifikat diharpakan masyarakat dapat mengetahui dengan mudah perbedaannya.

Sedangkan, Benih unggul didapatkan dari hasil pemuliaan tanaman menurut Permen LHK No.3 Tahun 2020 bertujuan untuk mempertahankan kemurnian jenis yang sudah ada dan/atau memperoleh sifat unggul tanaman hutan guna peningkatan produksi dan kualitas hasil. Dimana pohon yang sudah ada akan diamati dan diidentifikasi, tanaman tersebut dianggap memiliki ciri khas atau keunggulannya masing-masing nantinya akan diambil genetikan tanaman tersebut dalam bentuk benih atau bagian tanaman lainnya, ketika genetika tanaman tersebut sudah didapatkan akan dilakukan pengamatan lebih lanjut dengan menyemaikan tanaman tersebut.

Keuntungan dan Kelemahan benih atau bibit yang berasal dari asalan dengan unggul hasil pemuliaan tanaman :

Benih Asalan

Keunggulan

      • Tidak membutuhkan waktu lama dalam penanaman karna tidak dilakukan pengamatan secara mendetail
      • Harga Benih Murah
      • Daya kecambah (Viabilitas) benih biasanya lebih baik karna benih yang digunakan benih segar tidak dilakukan penyimpanan

    Kelemahan

        • Tanaman mudah terkena penyakit
        • Tanaman cenderung lebih lambat dalam pertumbuhannya
        • Asal Usul benih tidak jelas karna tidak dibuktikan dengan dokumen asal induk

      Benih Unggul

      Keunggulan

          • Tanamanan tidak mudah terkena penyakit
          • Pertumbuhan tanaman cenderung lebih cepat tumbuh
          • Kualitas kayu lebih baik

        Kelemahan

            • Waktu yang didapatkan untuk mendapat benih unggul lama karna dilakukan pengamatan
            • Daya kecambah (Viabilitas)  benih kurang jika benih tidak langsung digunakan karna benih. memiliki masa penyimpanan dan tergantung pada penyimpanan benih tersebut.
            • Harga Benih lebih mahal dari benih asalan.

          APA SIH BEDANYA BENIH UNGGUL DENGAN BENIH ASALAN ?

          2 gagasan untuk “APA SIH BEDANYA BENIH UNGGUL DENGAN BENIH ASALAN ?

          Tinggalkan Balasan

          Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

          × Chat WA Pelayanan