Bunga Tabebuya ungu
Nama Lokal:Tabebuya
Nama Latin:Handroanthus impetiginosus
Famili:Bignoniaceae
Sebaran  :Tabebuya adalah tumbuhan asli Brazil yang telah tersebar ke seluruh dunia, terutama di daerah beriklim tropis hingga subtropis. Pohon ini tumbuh di negara-negara Amerika, seperti Argentina, Meksiko, Bolivia, dan Suriname Selatan.
Persyaratan tumbuh        :Secara umum Tabebuya hidup di lingkungan tropis dan mampu tumbuh di lahan dengan iklim kering, sehingga tanaman ini memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam cuaca kering
Tinggi pohon                                  :Umumnya sekitar 10 meter.
Status konservasi                           :Resiko rendah (IUCN)
Musim bunga di Indonesia:Tabebuya pada musim berbunganya mampu menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak dan tidak putus sejak awal musim kemarau hingga menjelang musim hujan. Bahkan sekarang ini musim pembungaan tanaman ini dapat diatur melalui manipulasi pola pemupukan.
Musim buah di Indonesia:Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati.
Pemanfaatan:Daun dari pohon bunga tabebuya sering kali dimanfaatkan untuk mengobati luka, bahkan menurunkan panas. Merupakan sumber tanaman herbal, pohon ini juga dimanfaatkan sebagai penambah sel darah secara alami bagi pasien pengidap anemia. Manfaat tabebuya adalah sebagai penghijauan dan juga pelindung dari polusi. Oleh karena itulah pohon hias yang satu ini banyak ditanam dipinggir jalan kota besar dan taman karena memang pohon ini mampu menangkal polusi udara ataupun menyerap udara yang tercemar. Selain itu, pohon tabebuya juga dapat menyerap air dengan sangat baik. Dengan kemampuannya yang mampu menyerap air maka akan dapat mencegah ataupun menimalisir terjadinya banjir. Pohon hias ini juga bisa digunakan untuk keindahan halaman rumah anda. Pohon tabebuya memiliki banyak macam warna yaitu merah, putih, ungu, kuning dan pink. Sehingga dengan berbagai macam warna pohon tabebuya yang sangat indah tersebut tentunya bisa anda gunakan untuk mempercantik halaman rumah dan lingkungan sekitar anda.
Deskripsi singkat:Tanaman Tabebuya yang mekar memiliki bunga yang cantik, sehingga banyak orang menyebutnya mirip bunga Sakura. Akar Tabebuya tidak merusak bangunan : Meski tanaman ini termasuk tanaman besar dan berbatang keras, ternyata dia ramah bangunan. Sebab, akarnya tidak merusak bangunan rumah atau gedung yang ada di dekatnya.