Nama Lokal Nama Latin Origin (Asal): : :
Srikaya
Annona squamosa
Amerika
Sebaran  :  Tanaman ini berasal berasal dari wilayah Amerika Tropik, khususnya Karibia, dan sekarang telah masuk ke berbagai penjuru dunia salah satunya di Indonesia.
Perkembang biakkan:  Generatif melalui biji dan vegetatif melalui cangkok, okulasi, stek dan sambungan.
Persyaratan Tumbuh:  Tanaman srikaya cocok ditanaman pada daerah dengan keadaan geografis di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian hingga 800 m dpl. Tanaman ini sangat baik ditanaman pada suhu antara 21-30°C. Tanah yang cocok digunakan untuk pertumbuhan tanaman ini yaitu tanah berpasir serta yang mengandung kapur, dan dengan sistem drainase yang baik dengan pH tanah 5,5-7,5.
Tinggi Pohon:Umumnya sekitar 10 meter.
Status Konservasi:  Termasuk jenis yang perlu dilindungi.
Musim Bunga di Indonesia:Biasanya bunga ini mekar pada saat musim peralihan/pancaroba dari kemarau ke musim penghujan sepanjang tahun. Setelah tanaman berumur 3-4 tahun barulah dapat berbunga. Mulai awal berbunga hingga dapat dipanen membutuhkan waktu antara 110-120 hari.
Musim Buah di Indonesia:  Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati sepanjang tahun.
Deskripsi Singkat:Tanaman srikaya ini memiliki bentuk yang cukup tinggi bahkan hampir menyerupai pohon. Dimana batang tanaman srikaya tentu saya cukup kuat, dengan dahan berwarna coklat muda dan bagian di dalamnya berwarna kuning. Apabila anda melihat bagian rantingnya dari pohon tersebut. Warnanya serupa dengan batang utama yaitu coklat disertai dengan bintik coklat muda. Sedangkan kulit pohon srikaya sangat tipis dan memiliki warna abu-abu. Bunga tanaman ini termasuk dalam bunga tunggal yang nantinya bergerombol pendek, menyamping dengan ukuran kurang lebih 3 cm. Selain itu bunga juga dapat tumbuh di ujung tangkai ataupun di ketiak daun apabila dilihat serbuk sari dari bunga tanaman srikaya sangatlah banyak. Bergerombol berwarna putih serta panjangnya kurang lebih 1,5 cm putih, berwarna hijau muda, rapi membentuk semacam kutil. Panjangnya sekitar 1,3 hingga 1,9 cm dengan lebar 1,3 cm umumnya bunga ini akan tumbuh menjadi kelompok buah-buahan. Bagian daun tanaman ini masuk ke dalam salah satu daun tunggal dan juga bertangkai kaku dan tata letaknya berselang-seling. Apabila dilihat panjang daun srikaya kurang lebih 5 hingga 17 cm dengan lebar 2 hingga 8 cm saja. Sedangkan untuk panjang tangkai daun hanya memiliki panjang kurang lebih 0,5 hingga 2,5 cm, rasa daun sangat pahit dan juga sedikit dingin.
Pustaka:https://agrotek.id/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-srikaya/https://id.wikipedia.org/wiki/Srikayahttp://penerbit.lipi.go.id/data/naskah1562309713.pdfhttps://agrotek.id/syarat-tumbuh-tanaman-srikaya/