Nama Lokal Nama Latin Origin (Asal) :
:
:
Saga
Adenanthera pavonina
Asia
Sebaran   :   Asal-usul   pohon   ini   tidak   diketahui,   karena   kadang-kadang   ditelusuri tumbuh secara alami baik di dalam maupun di luar tempat tumbuh aslinya, contoh di  Afrika  dan  India.  Daerah  sebarannya  luas  hampir  di  seluruh  kawasan  tropika Asia.  Jenis  ini  ditanam  secara  luas  di  Srilangka,  Myanmar  bagian  selatan,  Indo-Cina,   Cina   bagian   selatan,   Thailand   dan   seluruh   kawasan   Malesiana   dan kepulauan Solomon.
Perkembang biakkan
:  
Generatif melalui biji
Persyaratan Tumbuh :   Banyak ditemukan tumbuh tersebar di hutan-hutan hingga ketinggian 1.000m dpl.
Tinggi Pohon : Umumnya sekitar 20 meter.
Status Konservasi :   Least Concern dalam daftar IUCN (IUCN List) karena tidak tersedia data berapa populasinya ataupun penurunan populasinya. Spesies ini tersebar di wilayah Indonesia – Malaysia, Timor leste dan China. Meskipun digunakan sebagai sumber bahan bangunan, tetapi penebangan dianggap tidak akan mengancam spesies ini secara signifikan di tingkat global. 
Musim Bunga di Indonesia : Biasanya bunga ini mekar pada saat musim peralihan/pancaroba dari kemarau ke musim penghujan
Musim Buah di Indonesia :   Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati.
Deskripsi Singkat : Saga pohon (Adenanthera pavonina) adalah pohon yang buahnya menyerupai petai (tipe polong) dengan bijinya kecil berwarna merah. Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan namun sekarang telah tersebar pantropis. Saga pohon umum dipakai sebagai pohon peneduh di jalan-jalan besar. Tumbuhan ini juga mudah ditemui di pantai. Daunnya menyirip ganda, seperti kebanyakan anggota suku polong-polongan lainnya. Dahulu biji saga dipakai sebagai penimbang emas karena beratnya yang selalu konstan. Daunnya dapat dimakan dan mengandung alkaloid yang berkhasiat bagi penyembuhan reumatik. Bijinya mengandung asam lemak sehingga dapat menjadi sumber energi alternatif (biodiesel). Kayunya keras sehingga banyak dipakai sebagai bahan bangunan serta mebel.
Pustaka : https://id.wikipedia.org/wiki/Sagahttp://sma2salatiga.sch.id/wordpress/saga-merah-arenga-saccharifera-l/https://www.greeners.co/flora-fauna/saga-tanaman-tropis-antibakteri/