Nama Lokal Kingdom Filum
Kelas
Ordo
Faimili Genus
Nama Latin Origin (Asal)  
:
: : :
:
:
:
:
:
Palm Ekor Tupai
Plantae
Tracheophyta
Liliopsida
Arecales
Areceae
Wodyetia
Wodyetia bifurcata Irvine
Tanjung Melville Semenanjung York, Queensland Australia
Sebaran   :   Pohon ini aslinya hidup di Tanjung Melville Semenanjung York, Queensland Australia. Penyebaran palem ekor tupai ini banyak di sebarkan, terutamnya di Indonesia yang digunakan sebagai tanaman hias, tanaman bahan obat-obatan seperti antikanker, antioksidan, hepatoprotektif, antijamur, antibakteri (Patlolla et al., 2012).
Perkembang biakkan :   Generatif melalui biji dan kultur jaringan.
Persyaratan Tumbuh :   Meskipun habitat asalnya di Tanjung Melville Semenanjung York, Queensland Australia dan tersebar di Indonesia, tumbuhan ini telah terbukti dapat hidup dan tumbuh dengan baik di daerah tropis.
Tinggi Pohon : Umumnya sekitar 10 meter.
Status Konservasi :   Tergantung Konservasi (IUCN 2.3)
Musim Bunga di Indonesia : Biasanya bunga ini mekar pada saat musim peralihan/pancaroba dari kemarau ke musim penghujan sepanjang tahun.
Musim Buah di Indonesia :   Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati sepanjang tahun.
Deskripsi Singkat : Dilihat dari segi fisik, palem ekor tupai sering ditanam dan difungsikan sebagai pembatas jalan. Daun palem ekor tupai mencapai 3 m (termasuk pelepah), dengan anak daun sempit dan tumbuh mengitari ibu tangkai daun, sehingga menyerupai seperti “ekor tupai”. Tinggi tanaman palem ekor tupai mencapai 10 m, dengan batang kelabu, dan memiliki ruas-ruas. Tanaman ini menghasilkan bunga jantan dan bunga betina pada tangkai yang terpisah. Buah yang dihasilkan relatif besar dan berjumlah banyak, diameter sampai 4 cm, berwarna hijau ketika mengkal (belum seluruhnya matang) dan berubah menjadi jingga kemerahan ketika ranum (sangat matang).   
Pustaka : https://id.wikipedia.org/wiki/Wodyetia_bifurcata http://buttmkp.karantina.pertanian.go.id/?page_id=1827https://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-palem-ekor-tupai/