Source picture: https://intisari.grid.id/amp/031940551/tidak-hanya-buahnya-bagian-terlupakan-dari-pohon-nangka-ini-ternyata-punya-manfaat-luar-biasa-untuk-tubuh-salah-satunya-tingkatkan-produksi-asi?page=all

 

Nama Lokal Nama Latin Origin (Asal) : : : Nangka
Artocarpus Heterophyllus L.
India
Sebaran   :   Tanaman ini berasal dari negara india dan sudah tersebar ke berbagai negara ataupun daerah yang beriklim tropis hingga masuk ke negara Indonesia.
Perkembang biakkan :   Generatif melalui biji dan vegetatif melalui cangkok, okulasi, stek dan sambungan.
Persyaratan Tumbuh :   Tanaman srikaya cocok ditanaman pada daerah dengan keadaan geografis di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian hingga 1.500 m dpl. Tanaman ini sangat baik ditanaman pada musim kering yang tidak terlalu keras. Tanah yang cocok digunakan untuk pertumbuhan tanaman ini yaitu tanah berpasir serta yang mengandung organik.
Tinggi Pohon : Umumnya sekitar 25 meter.
Status Konservasi :   Termasuk jenis yang perlu dilindungi.
Musim Bunga di Indonesia : Biasanya bunga ini mekar pada saat musim peralihan/pancaroba dari kemarau ke musim penghujan sepanjang tahun.
Musim Buah di Indonesia :   Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati sepanjang tahun.
Deskripsi Singkat : Tanaman nangka umumnya memiliki batang yang berbentuk bulat dan panjang  serta berstruktuk kayu keras, sehingga nangka bisa bertumbuh dengan lurus keatas. Ketinggian dari tanaman nangka bisa sampai 25 m. Daun yang berasal dari tanaman nangka ini menjadi salah satu daun yang bergolongan sebagai daun tunggal dan tumbuh secara pola yang selang-seling di bagian ranting tumbuhan. Pada permukaan daun terdapat warna dengan tekstur yang agak licin. Sementara pada permukaan daun di bagian bawah terdapat sebuah warna yang hijau tua dan tekstur yang agak kasar. Bunga dari tanaman nangka adalah bunga yang berumah satu atau biasanya disebut sebagai monoecious. Maksudnya disini adalah sebuah tanaman yang telah menyediakan bunga jantan serta bunga betina. Pada umumnya bunga jantan terdapat gada yang agak bengkok dengan warna hijau tua, ini merupakan ciri khas dari bunga tanaman nangka. Sementara untuk bunga yang betina telah tersedia bentuk yang pipih dan silindris.
Pustaka : https://agrotek.id/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-nangka/