Kingdom
Class
Phylum
Order
Family
Genus
Species
:
:
:
:
:
:
Plantae
Mangoliopsida
Mangoliophyta
Sapindales
Anacardiaceae
Mangifera
Mangifera Sp.
Nama Lokal : Mangga, pao, mempelam, pelem, mamplam
Nama Latin : Mangifera indica
Nama lain :
Origin (Asal)                                  : Tanaman asli daerah tropis di Asia dan mulai dibudidayakan di India sejak + 4000 tahun yang lalu.
Sebaran : Seluruh wilayah Indonesia
Perkembangbiakkan : Dapat berkembangbiak secara vegetatif (cangkok, okulasi, sambung pucuk) dan generatif (biji).
Persyaratan tumbuh         : Ketinggian tempat : 0-500 mdpl.Suhu : Di Indonesia yang cocok adalah dataran rendah dengan musim kering yang kuat serta volume curah hujan rendah sampai sedang. Temperatur optimum 24 – 27oC.Intensitas Sinar Matahari : + 6 jam dalam sehari dengan intensitas penyinaran langsung.Curah hujan : kira-kira 10.000 mm dan musim kering lebih kurang 4-6 bulan dengan curah hujan rata-rata melebihi 60 mm setiap bulan. Jika tidak ada hujan dalam jangka waktu cukup lama maka pada areal tanaman dapat dibantu dengan pengairan.Tanah yang baik untuk budidaya mangga adalah gembur mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang seimbang. Derajat keasaman tanah (pH tanah) yg cocok adalah 5.5-7.5. Jika pH di bawah 5,5 sebaiknya dikapur dengan dolomit. Tanah yang subur mempunyai profil melebihi 150 cm, strukturnya embur remah, pH rata-rata 6-6,5. Selain itu juga perlu diperhatikan, kandungan unsur hara tersedia bagi tanaman.
Tinggi pohon                                   : Tinggi tanaman mangga bisa mencapai 10 – 40 m.
Status konservasi                            : Mangga memiliki jenis yang cukup banyak, untuk Mangifera indica masuk kategori jenis mangga yang berisiko rendah.  Namun Indonesia memiliki beberapa jenis mangga endemik yang masuk kategori spesies Vulnerable (rentan) dan critically endangered (kritis).
Musim bunga dan buah di Indonesia : Bunga mulai keluar pada akhir musim hujan, dan di awal musim kemarau, sekitar bulan Mei-Juni.  Waktu berbunga selama 20-25 hari sebelum membentuk buah.
Deskripsi singkat : Tanaman pepohonan dengan buah berwarna hijau dan terkenal karena rasa dan faedahnya. Saat ini terdapat + 210 varietas mangga yang sudah dilaporkan. Tanaman ini memiliki pertumbuhan optimal di tanah yang memiliki perairan yang baik dan sedikit berlumpur.  Jika tanah terlalu becek, tanaman ini akan buruk pertumbuhannya.  Ph optimal yang dikehendaki antara 5.2 and 7.5. Pohon mangga berukuran besar, dapat mencapai tinggi 50 m. Akar mangga kopyor memiliki sistem perakaran tunggang, strukturnya kuat. Batang besar, berkayu, berbentuk bulat panjang seperti silindris, kasar, berwarna coklat, arah tumbuhnya tegak lurus (erectus), apabila dilukai kulit batang akan mengeluarkan getah yang mula-mula bening kemudian kemerahan dan menghitam dalam beberapa jam, getah ini berbau terpentin dan tajam, dapat melukai kulit atau menimbulkan iritasi, terutama bagi orang yang sensitive;percabangan simpodial, cabang tinggi, membentuk tajuk yang rapat dan rindang, arah tumbuh cabang tegak (fastigiatus), Daun merupakan daun tunggal tidak lengkap, terdiri dari tangkai daun dan lamina, tidak memiliki pelepah daun, tersusun dalam spiral atau spiral rapat; permukaan daun bagian atas dan bawah licin (laevis), pada permukaan atas berwarna hijau muda, pada permukaan bawah berwarna hijau tua, bentuk daun jorong; tangkai daun panjang, bulat; pangkal daun tumpul (obtusus); ujung daun meruncing (acuminatus); tepi daun berombak (repandus); susunan tulang-tulang daun nervus lateralis, tulang daun menyirip (penninervis), daging daun tebal dan kaku seperti kulit(coriaceus). Bunga termasuk perbungaan majemuk tak berbatas (inflorescentia raacemosa), bunga lengkap, berkelamin dua (hermaphroditus), bunga berkarang dalam malai (panicula), berbentuk piramid, berwarna kuning muda kemerahan, aktinomorf, berbilang 5; tangkai bunga bulat, pendek, duduk pada cabang-cabang malai; kelopak lonjong; kepala sari berbentuk ginjal; putik bentuk segitiga, kuning kemerahan, butir polen bertipe Tri-zonocolpate, tiga pori/ celah tersusun teratur di zona katulistiwa.
 
Sumber informasi : http://www.petanihebat.com/2013/10/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-mangga.html https://en.wikipedia.org/wiki/Mangifera_indicahttps://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3249901/