Nama Lokal Kingdom Divisi
Kelas
Ordo
Famili Genus Species Origin (Asal)
: : : : : : : : : Kemiri
Plantae
Magnoliphyta
Magnoliopsida
Malpighiales
Euphorbiaceae
Aleurithes
Aleurites moluccana
Asia (Tropis)
Sebaran   :   Pohon kemiri tumbuh subur di kawasan dengan iklim tropis, termasuk di Indonesia. Beragam jenis kemiri yang tumbuh di setiap negara memiliki beberapa perbedaan mendasar yang membuatnya memiliki keunikan dibanding di negara lainnya. Bahkan, Hawaii menjadikan pohon kemiri sebagai tumbuhan resmi.
Perkembang biakkan :   Generatif melalui biji dan Vegetatif melalui cangkok atau sambungan.
Persyaratan Tumbuh :   Secara umum, mucang sejatinya tumbuh subur di hujan tropis dengan kondisi agak kering selama musim kemarau. Mereka berkembang secara baik di area lembap sampai ketinggian 1.200 mdpl. Di kawasan dekat garis khatulistiwa, muncang bahkan dapat tumbuh hingga ketinggian 2.000 mdpl.
Tinggi Pohon : Umumnya sekitar 40 meter.
Status Konservasi :   Resiko rendah (IUCN)
Musim Bunga di Indonesia : Biasanya bunga ini mekar pada saat musim peralihan/pancaroba dari kemarau ke musim penghujan sepanjang tahun.
Musim Buah di Indonesia :   Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati sepanjang tahun.
Deskripsi Singkat : Pohon kemiri adalah salah satu pohon besar yang ketinggiannya berada pada kisaran 25 sampai 40 meter dengan diameter mencapai 90 cm dan gemang hingga 1,5 meter. Batangnya tebal dengan kulit berwarna abu-abu dan kecokelatan. Terdapat tekstur halus dengan garis-garis vertikal pada kulit batang. Percabangan tanaman kemiri tumbuh secara abstrak atau tidak teratur dan membentang lebar. Hanya saja pada lahan sempit percabangan pohon kemiri tidak terlalu banyak, sehingga pertumbuhannya fokus keatas. Pohon ini mempunyai tunas yang tertutup oleh bulu-bulu halus dari batang pohon. Daun kemiri mudah untuk di identifikasi dengan melihat ukuran dan bentuknya. Panjang daun kurang lebih 30 cm dan mempunyai 3 sampai 7 lekukan pada setiap daun. Sistem daunnya adalah tunggal dan tumbuh saling menyilang dengan gelombang di pinggir daun. Warnanya putih dan berubah menjadi hijau ketika kemiri telah tua. Bunga pohon kemiri merupakan golongan monoceious, yaitu bunga jantan dan bunga betina tumbuh di pohon yang sama. Sistem pertumbuhan bunganya yaitu bunga jantan tumbuh di bagian ujung dengan ukuran lebih kecil, lalu di kelilingi oleh bunga betina. Biasanya bunga jantan tumbuh dalam jumlah banyak dan lebih cepat mekar.
Pustaka : https://id.wikipedia.org/wiki/Kemirihttps://rimbakita.com/pohon-kemiri/