Kingdom
Divisi
Ordo
Famili
Genus
Spesies
: : : : : : Plantae
Angiospermae
Sapindales
Sapindaceae
Dimocarpus
Dimocarpus longan
Nama Lokal : Kelengkeng, mata kucing, mata naga
Origin (Asal)                                   : Asia Selatan
Sebaran : Banyak ditemukan di daerah dengan kelembaban tinggi di negara China, India, Srilangka, Myanmar, Thailand, Kambodia, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Philipina. Di Indonesia, kelengkeng banyak tumbuh di Kalimantan Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah (Semarang, Temanggung dan Magelang).
Perkembangbiakkan : Dapat berkembangbiak secara vegetatif (cangkok, sambung pucuk, okulasi) dan generatif (biji).
Persyaratan tumbuh         : Kelengkeng tumbuh dengan baik pada tanah jenis Berpasir, porous dan tanah liat, dengan ph tanah asam hingga netral. Pertumbuhan terbaik pada tanah yang lembab (cukup air).  Memperoleh sinar matahari sebagian (ternaungi) hingga penuh.  
Tinggi pohon                                    : Kelengkeng adalah tanaman tahunan, yang bisa tumbuh hingga 12 -15 m.
Status konservasi                            : Meskipun dapat dibudidayakan dengan mudah, namun dalam IUCN Red List, kelengkeng masuk kategori VU (vulnerable),  status ini diberikan kepada spesies yang rentan mengalami kepunahan.
Musim bunga dan buah di Indonesia : Pada umumnya akan mulai berbunga dan berbuah di musim kemarau, yaitu mulai maret-april.  Pada musim hujan, tanaman kelengkeng bisa dipaksa berbuah, namun hasilnya tidak sebanyak saat musim kemarau
Deskripsi singkat : – Kelengkeng merupakan tanaman yang hidup lebih dari 50 tahun, memiliki batang tanaman berkayu keras dan tinggi pohon mencapai lebih dari 15 meter. Tanaman kelengkeng memiliki banyak percabangan dan membentuk tajuk yang rimbun (Kuntarsih dkk., 2005).  Merupakan tanaman subtropis yang sudah dikenal 2000 tahun yang lalu, berasal dari daerah Cina Selatan.

– Manfaatnya lebih kepada khasiatnya sebagai obat baik kandungan dalam buah maupun dari biji yang sudah dilakukan ekstraksi, bukan sebagai buah untuk dikonsumsi saja (Triwinata, 2006). Tanaman ini telah menyebar ke Indochina (Thailand, Taiwan, Laos, Vietnam, Cambodia), Malaysia, India dan khususnya di Indonesia (Usman, 2006).

– Morfologi buah kelengkeng berbentuk bulat sampai lonjong terdapat kulit buah yang bewarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi coklat saat sudah matang. Benih kelengkeng berbentuk bulat mengkilap dan berwarna hitam, terbungkus oleh daging buah yang transparan.
Sumber pustaka : (https:// pfaf.org/User/Plant.aspx?LatinName= Dimocarpus+longan)(https://garden.org /plants/view/112760/Longan-Dimocarpus-longan/)https://id.wikipedia.org/wiki/Lengkeng