Nama Lokal 

Nama Latin 

Origin (Asal)

Kingdom

Divisi

Sub divisi

Kelas

Ordo

Famili

Genus

Spesies

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

 

Kayu Putih

Melaleuca cajuputi

Asia

Plantae

Spermatophyta

Angiospermae

Dicotyledonae

Myrtales

Myrtacecae

Melaleuca

Melaleuca cajuputi

 

Sebaran   :   Tumbuhan ini terutama tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula diusahakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas.
Perkembang biakkan :   Generatif melalui biji atau vegetatif melalui stek pucuk.
Persyaratan Tumbuh :   Kayu putih termasuk jenis flora yang bisa tumbuh di tanah tandus maupun panas, bahkan bisa tumbuh di daerah basah. Biasanya tanaman ini mulai tumbuh dari daerah pantai dekat hutan bakau, di tanah berpasir, tanah berawa-rawa, hingga ketinggian 400 meter diatas permukaan air laut.
Tinggi Pohon : Umumnya sekitar 30 sampai 40 meter.
Status Konservasi :   IUCN : resiko rendah.
Musim Bunga di Indonesia : Biasanya bunga ini mekar pada saat musim peralihan/pancaroba dari kemarau ke musim penghujan sepanjang tahun.
Musim Buah di Indonesia :   Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati sepanjang tahun.
Deskripsi Singkat : Kayu putih sebagai pohon dengan tinggi ± 30 m. Di wilayah Australia, kayu putih dapat mencapai tinggi lebih dari 40 m dan diameter batang 1,2 m. Batang kayu putih berwarna abu-abu sampai putih seperti kertas, dengan pucuk pohon berwarna agak keperakan. Sementara itu, daun kayu putih berwarna hijau, tidak mengkilap, tepi daun rata, umumnya panjang daun antara 5-10 cm dan lebar 1-4 cm serta daunnya berbulu. Pada tiap helaian daun terdapat 5–7 tulang daun dengan panjang 3–11 mm. Perbungaan tanaman kayu putih berbentuk bulir dan banyak terdapat pada ujung ranting maupun ketiak daunnya. Bunga pohon kayu putih bersifat biseksual, serta kelopak dan mahkota bunganya kecil. Buah kayu putih berbentuk kapsul dan bertipe dehiscent, yaitu mempunyai kulit buah yang kering dan akan terbuka ketika mencapai kemasakan untuk melepaskan biji-biji yang ada di dalamnya (Kartikawati, 2014). Tanaman kayu putih merupakan jenis tanaman dengan habitus pohon, yang mencapai tinggi ± 10 m. Batang berkayu, berbentuk bulat, kulit batang mudah mengelupas, serta warna batang kuning kecokelatan. Sementara itu, daun kayu putih merupakan daun tunggal, berbentuk lanset (lancip), ujung dan pangkal daun meruncing, tepi daun rata, permukaan daun berbulu, pertulangan daun sejajar serta warna daun hijau. Tanaman kayu putih memiliki bunga majemuk, berbentuk bulir dengan panjang 7 – 8 cm, mahkota bunga terdiri 5 helai, dan memiliki bunga berwarna putih (BPDAS Pemali Jratun, 2010).
Pustaka : https://courtina.id/ciri-pohon-kayu-putih