Source picture: https://www.floradirgantara.site/2020/08/mengenal-pohon-gayam-inocarpus-fagiferus.html

Nama Lokal Nama Latin Origin (Asal) : : : Gayam
Inocarpus fagifer
Indonesia
Sebaran   :   Pohon gayam diperkirakan merupakan tanaman asli dari Indonesia (endemik) yang kemudian menyebar ke daerah-daerah tropis lain di kawasan Asia Pasifik.
Perkembang biakkan :   Generatif melalui biji dan Vegetatif melalui cangkok atau sambungan.
Persyaratan Tumbuh :   Secara umum Gayam hidup di lingkungan tropis dan mampu tumbuh di lahan yang miskin hara.
Tinggi Pohon : Umumnya sekitar 20 sampai 30 meter.
Status Konservasi :   Resiko rendah (IUCN)
Musim Bunga di Indonesia : Pohon gayam berbunga dua kali setahun.
Musim Buah di Indonesia :   Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati sebanyak dua kali dalam setahun.
Deskripsi Singkat : Pohon gayam diperkirakan merupakan tanaman asli dari Indonesia (endemik) yang kemudian menyebar ke daerah-daerah tropis lain di kawasan Asia Pasifik. Pohon ini mampu tumbuh di lahan yang miskin hara, sehingga cocok dimanfaatkan sebagai tanaman pionir. Tajuknya yang rindang cocok sebagai peneduh. Akarnya mampu menyimpan banyak air tanah ke permukaan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tanaman konservasi air. Ketersediaan air adalah hal yang sangat pokok bagi hidup manusia sehingga dekat dengan air dapat berarti juga ketenangan. Karena itulah gayam dianggap sebagai simbol ketenangan dan ketentraman. Pohon gayam berbunga dua kali setahun. Bunganya kecil-kecil berwarna putih kekuningan dan berbau harum seperti bunga kemuning. Buah gayam berbentuk ginjal, kulit buahnya keras. Ukurannya kira-kira satu kepalan tangan orang dewasa. Buah ini dapat dikonsumsi dengan dimasak terlebih dahulu untuk menghilangkan racun saponinnya. Setelah dimasak, buah gayam dapat dimakan begitu saja atau dapat juga diolah menjadi keripik. Beberapa pegiat pangan lokal, menganggap gayam potensial untuk dikembangkan sebagai bahan alternatif pangan. Selain keripik, buah gayam dapat dibuat juga menjadi minuman sari gayam, gayam rebus, krawu gayam, rendang buah gayam atau bahkan tempe buah gayam. Sedangkan daunnya juga dapat dimasak menjadi sayur lodeh.
Pustaka : https://id.wikipedia.org/wiki/Gayam

https://dlhk.jogjaprov.go.id/mitos-genderuwo-dan-pohon-besar-gayam