Source picture: https://www.greeners.co/flora-fauna/bunga-flamboyan-warna-terangnya-memikat-mata/

Nama Lokal Nama Latin Origin (Asal) : : : Flamboyan
Delonix regia
Madagaskar
Sebaran     :   Menurut referensi yang diperoleh, tanaman flamboyan berasal dari Madagaskar. Selain di Indonesia dan Asia pada umumnya, tumbuhan ini banyak berkembang di wilayah Karibia dan Amerika Utara. Mengingat bunga flamboyan adalah tumbuhan yang mudah beradaptasi dan mampu hidup di empat musim, maka sebaran flamboyan di dunia cukup luas di berbagai negara. Budidaya flamboyan di negara-negara tropis dimulai sejak abad ke-19. Delonix regia, yakni nama latin bunga ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu delonix berasal dari kata delos yang bermakna mencolok, serta onix yang berarti cakar. Tentu nama tersebut selaras dengan warna bunga yang mencolok serta makota bunga mengembang menyerupai cakar.
Perkembang biakkan :   Bibit untuk penanaman flamboyan dapat berasal dari biji atau cabutan anakan di alam.
Persyaratan Tumbuh :   Flamboyan membutuhkan iklim tropis atau sub-tropis. Tanaman ini dapat mentolerir kondisi kekeringan dan asin. Flamboyan menyukai tanah berpasir atau lempung yang terbuka yang kaya akan bahan organik.
Tinggi Pohon :   Tumbuhan ini dapat tumbuh mencapai ketinggian 12 meter dan lebar mencapai 18 meter.
Status Konservasi :   Menurut IUCN Red List (2014), Flamboyan berstatus Least Concern atau resiko rendah. Sedangkan menurut PP No. 7 Tahun 1999, Flamboyan belum dilindungi.
Musim Bunga di Indonesia : Biasanya bunga ini mekar pada saat musim peralihan/pancaroba dari kemarau ke musim penghujan
Musim Buah di Indonesia :   Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati.
Deskripsi Singkat : Habitus pohon, tajuk melebar membentuk seperti kanopi pada payung. Batangnya licin, simpodial, berwarna coklat kelabu dengan teras sangat keras, berat dan tahan air atau serangga. Berbanir.Daun pinatus, mejemuk, tepian daun rata, ujung dan pangkal daun tumpul, begian permukaannya berbulu, sistem pertulangan daun menyirip;Bunga Flamboyan mekar secara musiman, biasanya secara bersamaan saat musim panas. Bunga Flamboyan memiliki diameter antara 8-15 cm dan memiliki empat kelopak yang berbentuk menyebarkan warna merah atau oranye merah. Bentuk kelopak bunga sedikit lebih besar yang ditandai dengan warna kuning dan putih. Polong yang sudah tua berwarna coklat gelap.Buah berbentuk seperti pedang (polong), saat masih muda buah berwarna hijau cerah, setelah tua menjadi coklat kehitaman, panjang buah dapat mencapai 60 cm dengan lebar sekitar 5 cm. Bijinya berupa polong kecil.
Pustaka : https://rimbakita.com/bunga-flamboyan https://dlhk.jogjaprov.go.id/pohon-berbunga-indah-indonesia-flamboyan