Nama Lokal Nama Latin Origin (Asal) : : : Bungur
Lagerstromia speciosa
Asia
Sebaran   :   Tanaman bungur tumbuh ԁі daerah Filipina, Thailand, Indonesia ԁаn Jepang. Tanaman itu relatif lebih gampang tumbuh di beberapa type tanah.
Perkembang biakkan :   Generatif melalui biji atau vegetatif melalui okulasi dan cangkok. Berbunga dan berbuah sepanjang tahun, puncak berbunga bulan Juni-November dan berbuah Bulan Maret-Juni.
Persyaratan Tumbuh :   Tumbuh di sepanjang sungai, hutan jati, pada vegetasi terbuka, tanah berpasir hingga tanah liat, baik di tanah gersang maupun di tanah subur hutan heterogen berbatang tinggi. Di Jawa, bungur dapat tumbuh sampai ketinggian 800 m dpl dan dapat tumbuh pada lahan marginal.
Tinggi Pohon : Umumnya sekitar 20 meter.
Status Konservasi :   IUCN : resiko rendah.
Musim Bunga di Indonesia : Biasanya bunga ini mekar pada saat musim peralihan/pancaroba dari kemarau ke musim penghujan sepanjang tahun.
Musim Buah di Indonesia :   Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati sepanjang tahun.
Deskripsi Singkat : Bungur bisa diketemukan di rimba jati, baik di tanah gersang ataupun di tanah subur rimba heterogen berbatang tinggi. Terkadang, bungur ditanam juga sebagai pohon hias atau pohon pelindung di pinggir jalan. Di Jawa, bungur bisa tumbuh hingga ketinggian 800 m dpl. Diluar itu, bungur banyak diketemukan pada ketinggian dibawah 300 m. Pohon, tinggi 10-30 m. Batang bulat, percabangan dari mulai sisi pangkalnya, berwarna cokelat muda. Daun tunggal, bertangkai pendek. Helaian daun berupa oval, elips, atau memanjang, tidak tipis seperti kulit, panjang 9-28 cm, lebar4-12 cm, berwarna hijau tua. Bunga majemuk berwarna ungu, tersusun dalam malai yang panjangnya 10-50 cm, keluar dari ketiak daun atau ujung ranting. Buahnya buah kotak, berupa bola hingga bulat memanjang, panjang 2-3, 5 cm, beruang 3-7, buah yang masih tetap muda berwarna hijau, sesudah masak jadi cokelat. Ukuran biji cukup besar, pipih, ujung bersayap berupa pisau, berwarna cokelat kehitaman. . Bungur bisa diperbanyak dengan biji.
Pustaka : http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/pohon-bunga-bungur tumbuhan?lang=idhttps://dlhk.jogjaprov.go.id/pohon-berbunga-indah-indonesia-bungurhttp://library.forda-mof.org/katalog/repository/100_Spesies_Pohon_Nusantara_Target_Konse-1.pdf