Source picture: https://www.ettieandme.com/2017/01/manfaat-daun-angsana-paling-mujarab.html

Nama Lokal Nama Latin
Kingdom
Divisi
Subdivisi
Kelas
Ordo
Famili
Genus
Spesies
Origin (Asal)
: : :
:
:
:
:
:
:
:
:
Angsana
Pterocarpus Indicus
Plantae
Magnoliophyta
Angiospermae
Dicotyledone
Fabelas
Fabaceae
Pterocarpus
Pterocar[us indicus
Asia
Sebaran   :   Penyebaran alami di Asia Tenggara – Pasifik, mulai Birma Selatan menuju Asia Tenggara sampai Filipina dan kepulauan Pasifik. Dibudidayakan luas di daerah tropis.
Perkembang biakkan :   Generatif melalui biji dan vegetatif melalui cangkok, okulasi, stek dan sambungan.
Persyaratan Tumbuh :   banyak ditemukan tumbuh tersebar di hutan-hutan hingga ketinggian 500m dpl.
Tinggi Pohon : Umumnya sekitar 30 meter.
Status Konservasi :   Sejak 1998 Badan Konservasi Dunia IUCN telah memasukkan Pterocarpus indicus ke dalam kategori Rentan. 
Musim Bunga di Indonesia : Biasanya bunga ini mekar pada saat musim peralihan/pancaroba dari kemarau ke musim penghujan
Musim Buah di Indonesia :   Biasanya buah muncul ketika musim penghujan atau musim bunga terlewati.
Deskripsi Singkat : Batang tanaman Angsana hidup di hutan rimba, maka tanaman Angsana ini bisa bertumbuh hingga mencapai ukuran yang cukup besar seperti raksasa yang disertai dengan tajuk lebat dan seperti kubah yang disertai dengan cabang-cabang yang merunduk hingga menuju kedalam tanah. Pohon dari tanaman Angsana ini bisa bertumbuh dengan ketinggian yang mencapai 40 m dan disertai dengan lebar yang mencapai 3,5 m. Memiliki tajuk yang bulat dan batang yang berbentuk silindris dengan warna kulit dibagian luar berwarna abu-abu yang kecoklatan. Dan, memecah yang berbentuk sisik halus, serta mengeluarkan getah benih yang kemerahan pada saat di sayat. Secara umum, batang yang dimiliki oleh tanaman Angsana ini beralur dangkal serta berbonggol atau biasanya disebut berbonjol. Daun tanaman Angsana ini merupakan sebuah daun yang bersifat majemuk serta menyirip gasal dan berseling. Anak daunnya terdiri atas 5 hingga 15 anak daun dengan tangkai daun yang berbentuk bulat dan memanjang. Daunnya terlihat seperti meruncing tumpul dan mengkilat serta pangkal daun yang berbentuk seperti melingkar. Bunga tanaman Angsana merupakan bunga yang termasuk pada golongan yang majemuk bertandan. Bunga dari tanaman Angsana ini berkelamin ganda dan berwarna kuning, berbau harum semerbak, terletak pada bagian ujung dari ranting atau pada ketiak daun. Seringkali, bunga tanaman ini tidak atau sedikit bercabang dan berambut coklat. Namun, bunga tanaman Angsana ini memiliki bunga yang banyak dengan ukuran diameter 7-11 cm.
Pustaka :

https://agrotek.id/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-angsana/https://deslisumatran.wordpress.com/2010/03/20/angsana-pterocarpus-indicus-willd/

https://id.wikipedia.org/wiki/Angsana