By: Aprilia RInda Astuti, A.Md.
Areal Sumber Daya Genetik di Kediri
Areal Sumber Daya Genetik Jenis Jabon di Kabupaten Kediri

Pada tahun 2014 telah dibangun Areal Sumber Daya Genetik (ASDG) dan Pembangunan Sumber Benih (APB) oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Balai Perbenihan Tanaman Hutan Jawa dan Madura yang bekerjasama dengan Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan dan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur yang berlokasi di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk.

Areal Sumber Daya Genetik (ASDG) di Kediri dibangun dengan Jenis Tanaman Jabon (Anthocephalus cadamba) dengan luas 3.35 hektar dan jarak tanam 4×4 m.

Asal rancangan pada Areal Sumber Daya Genetik yaitu Regeon Sumatra (21 Famili, 18 Blok, Single Tree Plot), Regeon Jawa (55 Famili, 20 Blok, Single Tree Plot), dan Regeon Sulawesi (3o Famili, 18 Blok, Single Tree Plot).

Pada Areal Sumber Daya Genetik terdapat tanaman sekat diantara Jabon klon dari Sumatra dan Jabon klon dari Jawa, tanaman sekat tersebut adalah Sengon (Paraserianthes falcataria).Selain itu di Kabupaten Nganjuk, pada tahun 2013 dibangun Pembangunan Sumber Benih (APB) oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Balai Perbenihan Tanaman Hutan Jawa dan Madura yang bekerjasama dengan Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan dan Perum Perhutani Divisi Regional II Jawa Timur.

Selain itu di Kabupaten Nganjuk, pada tahun 2013 dibangun Pembangunan Sumber Benih (APB) oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Balai Perbenihan Tanaman Hutan Jawa dan Madura yang bekerjasama dengan Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan dan Perum Perhutani Divisi Regional II Jawa Timur.

Areal Sumber Daya Genetik Jenis Gempol di Kabupaten Nganjuk
Sumber Benih (APB) Jenis Gempol di Kabupaten Nganjuk

Pembangunan Sumber Benih (APB) di Nganjuk dibangun dengan jenis Grempol seluas 5 Ha pada tahun tanam 2013 dengan jarak tanam 3×3 m Pada Tanaman Gempol berasal dari klon Banten dan Majalengka luas 5 hektar.

By: Aprilia Rinda Astuti, A.Md.

Areal Sumber Daya Genetik Jabon dan Gempol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *