Dinas Kehutanan Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pembibitan Tanaman Hutan (PTH), melakukan pelatihan perbenihan tanaman hutan bagi pelajar. Kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian terhadap kualitas lingkungan dengan menggunakan tanaman hutan berkualitas.

 

Kepala UPT PTH melalui Kepala Seksi Sumber Benih Tanaman Hutan, Ardianto Bagus UP menjelaskan, peningkatan kesadaran lingkungan dengan peningkatan produktivitas pertumbuhan tanaman, melalui penggunaan tanaman hutan unggul perlu disosialisasikan agar menambah minat pada generasi muda dalam pembangunan kehutanan.

 

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan kepada 50 siswa kader lingkungan dari SMAN 1 dan SMKN 2 Situbondo. Para pelajar kader lingkungan ini diharapkan mendapatkan informasi dan penjelasan tentang tanaman hutan unggul.

 

“Kegiatan sosialisasi ini untuk memberi wacana kesadaran lingkungan bagi generasi milenial dan memberi kepahaman tentang penggunaan tanaman unggul untuk kegiatan rehabilitasi lingkungan demi produktitas kegiatan penghijauan lingkungan,” papar Ardianto Bagus, Jum’at (5/4).

 

Sasaran kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran menanam tanaman hutan bagi generasi muda, khususnya kalangan pelajar sebagai upaya membantu luasan tutupan lahan di Jawa Timur.

 

Pelatihan pembibitan tanaman hutan kepada pelajar sekolah ini mendapatkan apresiasi yang besar oleh banyak pihak. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung kinerja UPT PTH dalam pelaksanaan kegiatan bidang perbenihan dan pembibitan dalam mewujudkan kualitas lingkungan.

 

UPT Perbenihan Tanaman Hutan nantinya bukan saja sebagai wadah untuk penyediaan bibit yang berkualitas saja, tapi berfungsi juga untuk penerapan iptek khususnya bidang pemuliaan tanaman hutan yang bisa menjadi tempat pelatihan pembibitan bagi masyarakat. “Kita juga akan melakukan kegiatan yang sama kepada siswa kader lingkungan dan civitas sekolah di SMPN 26 Surabaya,” pungkasnya.

Dishut Jatim Kenalkan Tanaman Hutan Unggul Pada Siswa Kader Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *